|
| 24 Sep 2020 Thu 09:43 PM

Persipura dan Magis Jacksen Tiago di Shopee Liga 1 2019

|my

<p>Persipura dan Magis Jacksen Tiago di Shopee Liga 1 2019</p>
[ 26-09-2019 ]

Persipura dan Magis Jacksen Tiago di Shopee Liga 1 2019

mulai kembali memperlihatkan tim yang disegani di Shopee Liga 1 2019. Hal ini tak terlepas dari faktor kehadiran Jacksen F. Tiago yang diboyong untuk kembali menukangi tim Mutiara Hitam.

Awalnya, anajemen Persipura Jayapura merekrut Luciano Leandro pada 22 Januari 2019. Namun, karier pelatih asal Brasil tersebut tak mampu bertahan lama.
Aroma kehancuran Persipura sejatinya sudah terendus pada Piala Presiden 2019. Ketika itu, Boaz Solossa dkk. hanya mampu melaju sampai penyisihan grup.

Pada awal musim 2019, Persipura juga terlihat kesulitan bersaing. Klub asal Papua itu tak mampu memetik kemenangan hingga akhirnya tercecer ke peringkat ke-15 dengan koleksi tiga poin dari lima laga. Rentetan hasil buruk yang berujung pemecatan Luciano Leandro.

Tak butuh waktu lama, manajemen Persipura akhirnya berhasil memulangkan Jacksen F. Tiago pada 11 Juli 2019. Ketika itu, Jacksen baru dua pekan menganggur setelah mengundurkan diri dari Barito Putera.

Nama Jacksen tentu sudah tak asing buat Persipura. Pelatih asal Brasil itu pernah menjadi bagian sukses Persipura pada 2008-2014 dengan sumbangan tiga gelar Liga Super Indonesia.

"Hari ini saya umumkan bahwa Jacksen F. Tiago sudah resmi menjadi pelatih Persipura. Kami harapkan dengan keterpurukan kami di zona degradasi, dan kehadiran Jacksen ini bisa mengubah tim ini kembali ke peringkat tengah atau di papan atas, karena dia sudah banyak mengetahui karakter masing-masing pemain Persipura," kata Benhur Tommy Mano, Ketua Umum Persipura, ketika itu.

Keputusan yang terbukti logis dilakukan Persipura Jayapura. Jacksen F. Tiago berhasil memberikan kemenangan pada debutnya musim ini bersama Persipura setelah mengalahkan Madura United dengan skor 1-0 (16/7/2019).


Setelah itu, Persipura Jayapura asuhan Jacksen makin melejit. Persipura berhasil meraih lima kemenangan beruntun. Tren kemudian digantikan Borneo FC yang berhasil memberikan perlawanan 1-1.

Namun, setelah itu Persipura kembali ke jalur kemenangan setelah mengalahkan Barito Putera dengan skor 4-0, Persija Jakarta 2-0, Persela Lamongan 2-0. Pada pekan ke-19, Persipura kembali menelan hasil imbang 1-1 karena ditahan PSS Sleman.

"Kami bersyukur bisa keluar dari lapangan ini dengan hasil maksimal. Semua itu tidak lepas dari kerja keras di lapangan dan doa dari masyarakat Papua," ucap Jacksen.

Namun, magis Jacksen F. Tiagi bersama Persipura akhirnya berakhir pada pekan ke-20. Persipura untuk pertama kalinya kalah dengan skor 3-1.

Meski kalah, Jacksen tetap memberikan apresiasi kepada pemainnya. Menurutnya, kekalahan tersebut terjadi karena lawan mampu memanfaatkan momentum.

"Kami kalah bukan karena tiga pemain yang absen. Namun, karena lawan yang mampu memanfaatkan momentum. Kami tidak dalam performa terbaik dan tidak dalam berada momen yang tepat," ujar Jacksen (23/9/2019).

Perjalanan Persipura bersama Jacksen F. Tiago musim ini masih panjang. Masih ada 15 laga yang akan dimainkan, yang tak menutup kemungkinan untuk bisa kembali bangkit dan bersaing gelar di Shopee Liga 1 2019. Apalagi saat ini mereka berada di peringkat delapan dengan koleksi 27 poin.